Pahlawan Tua Pinggir Kota

Pahlawan Tua Pinggir Kota


Aku ingin memberontak !
Dadaku membuncah sebentar lagi meledak,
Kusiapkan bedilku seraya mendengus seperti badak,
Dak… dak… dak…
Aku tersungkur di tengah lapak,
Pening nanar kepala memar karena tergasak,
Kompeni – kompeni tegap itu kian beringas bertindak,
“Jangan jualan disini !” ujar mereka membentak.

Aku kalah, aku menyerah, aku pasrah,
Bedilku sudah lama tak terasah,
Tanpa peluru, tanpa mesiu hanya sebatang tongkat basah,
Yang kupungut dari pinggiran kali mirip kubangan sawah,
Terikat kain lusuh dua warna yang dulu bagiku selalu bertuah,
Merah putih pujaanku saat masih muda lagi gagah,
Saat berteriak lantang “Merdeka !” menghadang penjajah,
Kini aku hanyalah orang tua renta penjual barang sampah.

Dihimpit gedung tinggi dibelantara kota ini,
Aku belum merdeka !
Ditengah deru dan bising negri,
Anakku belum merdeka !
Diantara berjejalnya mobil mewah dan orang berdasi,
Cucuku belum juga merdeka !
Ditempa peluh panas dan penat tubuh ini,
Hanya jiwaku yang merdeka !

Aku tidak menyesal,
Meski dulu pergi menantang ajal,
Sementara kini nafas kian tersengal,
Dan kisahku cuma sepenggal,
Serta himpitan beban hidup yang tak bisa kusangkal,
Aku tidak akan menyesal !

Hidupku untuk negri ini,
Nyawaku untuk bangsa ini,
Meski namaku belum pernah terpatri,
Aku bangga pernah mengabdi,
Kan kukembangkan senyum saat mati nanti.

Aku hanyalah sekedar anak bumi pertiwi,
Semoga ALLAH meridhai.

ikutan Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia…

About Ferry ZK

Aku adalah gumpalan daging gempal yang membungkus tengkorak yang pada bagian luarnya diberi bentuk sehingga bisa digolongkan sebagai manusia.
This entry was posted in feelin' Blue and tagged . Bookmark the permalink.

8 Responses to Pahlawan Tua Pinggir Kota

  1. chocoVanilla says:

    Wah, bagusss, ntar kalo menang traktir yaaaaa😀

  2. Mantap…
    Ternyata bisa bikin puwisi bagus🙂
    Semoga menang.
    Jangan lupa traktirrrrr kalo menang.

    wah bro klo pun menang hadiahnya buku gimana traktirnya hihihi…

  3. Tim BlogCamp says:

    Terima kasih atas partisipasi sahabat pada acara Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia.
    Puisi akan segera dicatat dan didaftar sebagai peserta.

    Salam hangat dari BlogCamp.

    trim’s Pak sudah mampir dan sudah didaftar sbg peserta… Salam hangat kembali…

  4. Fida says:

    perumpamaan yang menarik mas, … senang membaca yg ini.
    Salama sesama ACI😀

    Thx Mbak🙂

  5. advertiyha says:

    Luar Biasa…!!!!
    gak bisa komen apa2 lagi selain kata itu mas… sukses, ayo rebut tali asihnya..🙂

    salam kenal..
    MERDEKA..!!!!🙂

    wahh makasih mbak… puisi ini sebenernya gak niat wat menang, cuma ikutan memperingati HUT RI aja, soale klo mo menang harus ada kata kunci “Zamrud Katulistiwa” nya hehehehe…

    salam kenal juga “MERDEKA !…”

  6. munir ardi says:

    puisi yang bagus sobat jadi ingat nasib 2 janda pahlawan

    hiya Pak, banyak sekali yang sudah berjasa memerdekakan negri ini tp mereka sendiri belum merdeka😦

  7. kanvasmaya says:

    wiihh keren.. moga dapet ya tali asihnya :))

    makacih.. makacih.. makacih…🙂

  8. n mursidi says:

    keren

    tqyu bro…

Leave a Reply

