Negara Bukan Bukan

Sebagai anak bangsa sudah selayaknyalah kita bangga dengan negara ini, dan memang kebanggaan sebagai warga negara Indonesia tidaklah pernah luntur dalam dada dan sanubari.  Namun toh tidak juga harus menutup mata dengan apa yang telah terjadi sepanjang sejarah perjalanan bangsa ini baik sebelum menjadi negara maupun setelahnya. Salah satunya adalah kenyataan bahwa negara ini adalah negara yang bukan – bukan.

Sudah sangat umum kita ketahui bahwa negara kita tidak menganut sistem demokrasi parlementer meski pada prakteknya kekuatan legislatif jauh lebih besar daripada presidennya selaku eksekutif.  Begitu juga jika pertanyaan apakah negara ini adalah negara sekuler atau negara berdasarkan agama tertentu bisa dipastikan bahwa para petinggi kita akan menjawab bahwa negara kita bukan negara sekuler dan juga bukan negara agama tetapi negara pancasila meski jika diminta mendeskripsikanya selalu mengambang dan jauh panggang dari api.

Salah satu yang bukan – bukan adalah hubungan diplomatik Indonesia dengan Israel, meski secara resmi baik anggota dewan maupun petinggi pemerintahan mengatakan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, kenyataan yang terjadi tidaklah demikian. Pasca tergusurnya Eyang Kakung mulai terkuak hubungan mesra tapi rahasia Indonesia dengan Israel, oleh pelakunya yang notabone perwira tinggi militer kisah hubungan mesra tapi rahasia ini telah di bukukan dan disebarluaskan (* kasus pengiriman pilot Indonesia ke Israel *).

Kisah terbaru  adalah disitanya senjata pindad di Filipina, dimana ditemukan ratusan pucuk senjata produksi pindad yang khabarnya menggunakan merk galil-israel. Pindad sejatinya hanya memiliki lisensi pembuatan senjata dari FN Belgia yang dinamai Senapan Serbu (SS)  diantaraya SS1 & SS2 dan telah diaplikasikan oleh beberapa jajaran TNI dan Polri, lalu bagaimana mungkin senjata yang disita oleh pihak berwenang Filipina yang jelas- jelas terpatri di bagian senjatanya sebagai produksi Pindad – Bandung – Indonesia tetapi bermerk Galil-Israel ?

Lucunya lagi Pindad telah mengakui bahwa senjata – senjata tersebut adalah buatan mereka dan diekspor atas permintaan pemerintah Filipina dan Mali melalui salah satu agen rekanan resmi pemerintah Filipina, lalu kenapa kemudian malah disita dan di tahan ? kenapa pula tidak dijelaskan secara resmi apakah senjata – senjata tersebut menggunakan nama SS atau Galil ? jika ada sangkut pautnya dengan Israel, apakah Pindad resmi sebagai pemegang lisensi Galil atau malah Israel hendak menggunakan SS produksi Pindad dengan nama Galil dan bukan untuk Filipina dan Mali ?

Disinilah kemudian label negara bukan bukan kian melekat, Pindad sebagai BUMN tentu juga merepresentasikan Negara sebab kepemilikanya dibawah naungan pemerintah, bahkan Panglima TNI yang terpilih otomatis menjadi salah satu komisarisnya. Jika secara resmi Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel lalu bagaimana mungkin Pindad bisa memegang lisensi Galil ? atau katakanlah Pindad mengekspor senjata untuk Israel, bagaimana hal tersebut bisa terjadi tanpa hubungan diplomatik  ? bukankah jual beli senjata termasuk kebijakan strategis yang seharusnya diputuskan oleh pemerintah bukan hanya dari pihak pindad semata ?

Sebagai warga negara Indonesia dan juga sebagai muslim yang hidup di negara berpenduduk muslim terbesar di dunia  tentu akan sangat miris jika suatu saat mendengar senjata buatan negaranya digunakan untuk membunuh para mujahid di palestina sana, jika hal tersebut benar – benar terjadi sungguh suatu ironi yang menyedihkan dan akan kian menyuburkan radikalisme sebagai bentuk ekses dari kekecewaan ummat muslim Indonesia terhadap pemerintahnya yang kian lama kian menggunung, semoga saja hal tersebut hanya sekedar asumsi dangkal dan tidak akan pernah terjadi…

About Ferry ZK

Aku adalah gumpalan daging gempal yang membungkus tengkorak yang pada bagian luarnya diberi bentuk sehingga bisa digolongkan sebagai manusia.
This entry was posted in Sok Tau ahhhh... and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s