Polisi “coklat” tanpa senjata vs Polisi “biru” bersenjata

Ada warna lain seiring maraknya pembangunan koridor baru Bus Way yakni makin banyak saja jumlah penampakan “polisi biru” yang bertugas di jalan raya, meski kelahirannya dulu hanya “sekedar” untuk mengatur terminal – terminal buskota, kini selain ada yang menunggangi motor besar layaknya polisi patwal, bahkan beberapa ada yang bertindak seperti polisi lalu lintas dengan menilang pengguna jalan khususnya angkutan umum, truk dan mobil bak terbuka.

Yang lebih hebat lagi merekapun sudah ada yang dibekali dengan senjata api, bahkan jika sebagian besar “polisi coklat” masih menggunakan senjata api tempoe doeloe yang berjenis revolver (* bahkan masih banyak juga polisi lalu lintas yang tanpa senjata *), sang “polisi biru” malah lebih gagah dengan menggunakan senjata api semi otomatis yang lebih canggih.

Disinilah ironi negri ini, ketika anggota dewan yang terhormat berusaha memperjelas posisi sipil dan militer, justru yang sipil malah berpenampilan militer. Jika polisi bersenjata masih relevan dengan tugas – tugasnya sebab meski sudah menjadi sipil toh tugas – tugas mereka menuntut kesiapan dan perlengkapan yang salah satunya adalah senjata api, begitupun halnya dengan polisi lalulintas meski keseharian mereka lebih banyak berhubungan dengan pengendara dan kendaraan, toh mereka juga harus siap dengan kriminalitas yang terjadi di jalan raya. Lalu dimana pembenaran “polisi biru” dengan senjata apinya ? bahkan malah ada pejabat pemda suatu daerah yang mengusulkan tramtib dipersenjatai (* atau malah sudah ada yang punya senjata ? *), sepertinya akan banyak koboy – koboy yang bukan cow-boy disekitar kita. * halah *

About these ads

About Ferry ZK

Aku adalah gumpalan daging gempal yang membungkus tengkorak yang pada bagian luarnya diberi bentuk sehingga bisa digolongkan sebagai manusia.
This entry was posted in Gado - Gado. Bookmark the permalink.

46 Responses to Polisi “coklat” tanpa senjata vs Polisi “biru” bersenjata

  1. dewo says:

    Maklum, Bro. Kejar setoran untuk lebaran.

    ( ** Kabrur … ** )

  2. Herianto says:

    Padahal sejumlah hal yg berkaitan dengan kemajuan negeri ini ditentukan oleh unjuk kerja polisi. Penegakan hukum memang banyak masalah. Eh, status siapa yg polisi rupanya jadi masalah juga ya… Yah negeriku…

  3. mbelgedez says:

    Hoax bukan, negh ???

    Kalo menilang plat kuning, mereka memang berhak. Jangan salah, mereka memang dilindungi undang-undang.
    Tapi kalo mbawa senjata api semi otomatis, say kok meragukannya.

    Pertama, situ ndak isa nunjukin fotonya. Jenis nyang dibawanya…
    Kedua, sayah malah belom pernah ngliat nyang biru bgitu mbawa pistol.

  4. almascatie says:

    ah mo masuk wajib militer ah
    biar bisa tawuran dengan militer asli
    wakkakakkak :lol:

  5. dewo says:

    Polisi “Coklat” itu sukanya merazia cokelat ya? Wah, padahal aku hobi makan coklat.

    ( ** Biar ndak nyambung yg penting komen ** )

  6. Ferry ZK says:

    @ Bro Dewo,

    Ohhh gicu ya hihihi

    @ Pak her,

    iya Pak miris juga mikirnya…

    @ Mbel,

    Gak Koq bro, klo nilangnya dah gw kasih link na detik.com tuh yang jadi komplenannya POLDA Metro, klo beceng na gw liat sendiri tiap pagi bro, meski ukuranya (* dan kalibernya juga kayaknya *) kecil tp bukan jenis revolver tapi yang magazinnya diisi dari bawah plus sekali kokang saja, itupun di Jakarta klo kota lain ya mbuh, tp klo menilang seh kayanya gak berhak deh bro, secara SIM dan STNK logonya cuma Polri gak ada logo DLLAJR na hi.. hi..

    @ almas,

    hush… kejadian yang barusan aja lom dapet tertuduhnya… ke.. ke..

    @ Bro Dewo,

    nahh klo itu gw aman secara gak suka coklat hehehe

  7. evelyn pratiwi yusuf says:

    Semua kok bicara busway ya?
    AKu lho nggak ngerti!
    Habis di Surabaya nggak ada sih

  8. puak says:

    Bertahun tahun tinggal di Jakarta, kok aku gak pernah naik busway ya…
    *tanya kenapa..* :P

  9. Ferry ZK says:

    @ evelyn,

    hihihi sebenernya ngomongin “polisi biru” he.. he..

    beruntunglah klo gak ada di Surabaya coz “cuma bikin macet!” plus alternatif pilihan dari bus konvensional ke bus tertib hi.. hi..

    @ puak,

    hihihi idem saya juga lom pernah…

    * bukan basa – basi *

  10. mbelgedez says:

    DLLAJR berhak menilang kendaraan plat kuning.

    (motor situ palt kuning kan ???? Hayoooo ngaku….!!! )

  11. Ferry ZK says:

    @ Mbel,

    Gak koq motor ku plat na warna pink he.. he..

  12. anggara says:

    sebenarnya nggak boleh tuh

  13. Ferry ZK says:

    Nahhh mumpung ada ahli hukum… gimana neh Pak Anggara boleh gak sih “polisi biru” melakukan tilang dengan berlandaskan UU 14 / 1992 ?

  14. anggara says:

    kan dah dijawab di atas :) fyi, saya bukan ahli loh :mrgreen:

  15. Ferry ZK says:

    hihihi iya Pak, tp maksute landasan hukum na Pak…

  16. iwano says:

    reformasi yang kebablasan…….sipil yach sipil aja gengsi yah….!BRAVO TNI-POLRI….!!

  17. Ferry ZK says:

    @ iwano,

    nahhh itu dia, skrg malah Polisi Pamong Praja alian Trantib dah pada dikasih beceng khususnya level kepala seksi…

  18. indra wijaya says:

    ngrang-ngarang aja tu DLLAJ , pengin jadi polisi kali cuma gak kesampaian, mendingan jadi Hansip aje bawa pentungan biar gagah-gagahan, ya polisi juga jagan di Kasih izin dong kalau DDAJ nagjukan Senpi

  19. indra wijaya says:

    kasih aja sekalian rantis dan tank baja biar ngtur pelat kuning pake pesawat tempur , hancur deh iondonesia banyak pembodohan institusi

  20. januar fajar says:

    di Kota gwa sat pol pp ama DLLAJ banyak yang pake senpi Cal 22 , belagu banget muak , tapi kok pak Polisi ngediamin aja seharusnya intel polda jambi jangan di keluakan dong izin senpinya gak pantes sivil pake senpi, mungkin buat ngecuk ( minta uang ama pedagang ) kali biar masyarakat kagak protes ( nakura ) Nakutin rakyat,

  21. Udah pakaian brimob dipake Pol PP , pakaian lantas dipakai DDLAJ, sekalian aja POL PP ama DDAJ kasih senapan mesin dan amunisi suruh pergi ke Ambon bantai Tuh gerakan yang mau merdeka , jangan nakut-nakutin rakyat aja cukup aja polisi ama TNI yang punya senjata , kalau kayak gitu besok Pak RT kasih RPD atau AK 47 uantuk pajak rakyat, ya gak Bro………………..

  22. Suruh aja DLLAj tempur dengan Gam biar digorok oleh GAM

  23. bule fans says:

    Gwa aja preman masih sayang ama polisi sama TNI , eh ini rakyat jelata pengen jadi TNI / POLRI buat nakut-nakutin rakyat, Gwa Pindahin Ka Afrika Lu POL PP ama DLLAJ,

  24. bule fans says:

    polisi bukan tentara bukan apaan tuh orang gila pengen jadi aparat

  25. indrawijaya says:

    Yth DPR tolong tertibkan penggunaan Atribut Militer dan Polri, jangan membuat bingung wisatawan luar yang mana aparat yang mana sivil , seharusnya seperti orde baru saja penggunaan atribut TNI POLRI dibuat undang-undang dan perturannya yang ditentukan gimana tanggapannya ok

  26. Ridho says:

    Masalah LLAJ bisa nilang dan pakai atribut itu memang dan sesuai ama aturannya tapi kalo LLAJ bawa “Bueeeechueeeeng” kayaknya emang gak perlu tuh…. lagian sekarang bukan zamannya pake kekerasaan..

    untuk petugas LLAJ laksanakan sesuai aturan jangan nakal dan jaga wibawa dan corp mu….

  27. hambarli says:

    kemaren ada masyarakat ditabokin ama POL PP udah gitu ngaku dari satuan BRIMOB karena pake baju hijaunya BRIMOB, tapi pake rompi gt, IRONIS Republik ini tidak bisa menertibkan atribut/almamater kebanggaan sebuah KORPS. tolong yg berwewenang hal ini ditindak lanjuti…. kasihan masyarakat kecil seperti kami yang selalu ditakut-takuti oleh orang yg tidak bertanggung jwb.

  28. tejo says:

    seragam POLPP jangan ikut-ikutan dong, ntar dibogem mentah ama yg punya baru nyesel dibelakang, dan jgn sok paling aksi dong sok paten, kalian tu sipil tauu ga ada insting militernya. tolong hargain seragam PDL HIJAU BRIMOB, jiwa raga mereka bt mengambil seragam itu.. melalui pendidikan yg tidak bisa dibilang enteng. ( 9 bulan coy… )

  29. rezajkiuy says:

    gimn kalau pakai landasan terbang, pak Ferry………….
    gw stuju kalau pak Rt dkash RPD, …………

  30. taruna_madya says:

    G Usah dinilai buruk dulu,dilihat tugas dan esensinya masing2,ok?

  31. Bayou says:

    Emang dasar pol keple, udah baju niru2 punya gw, masih ngaku2 temen gw lg..

  32. ieone says:

    g perlu maki-maki LLAJ or Satpol PP, mereka bekerja juga sesuai dgn peraturan.
    pakaian mereka ada kekuatn hukumnya, Polisi juga SIPIL, tp dipersenjatai..
    jdi jika Pol-PP or LLAJ bersenjata, jika sesuai peraturan dan peruntukannya, (why no..!)
    Pol Lantas bertugas juga menerapkan UU-LLAJ..
    jd semua saling keterkaitan di negeri ini.. tq.

  33. Harroz says:

    Kalo komentar g usah jelek2in semua apa yang ada sdah ada landasan hukum klau g tau jangan sok pintar.semua sudah diatur dalam undang2. Tanya tuh mau ngesahkan UU lalulintas baru Tim dari DEPHUB semua diancam sama preman siapa yang punya kaitan dengan preman klo gak si Polin celeh

  34. om tona says:

    jgn marah ke SATPOL PP or DLLAJ or POLICE or TNI dll coba aja di ilangin semuanya tinggal rakyat biasa di Indonesia pasti bagus khan…….

  35. yahkanu says:

    SATPOL PP itu pantesnya di kasih TAIk Aj biar busuk semua!!!!!!!!!!!gaya pake seragam POLRI & TNI,ga pantas loe pake seragam itu.masuk pendidikan aj loe paling juga mampus……………..yang bela satpol PP (satuan Polisi PLOMPANG POLMPONG) psti tu orangnya or keluarganya.masuk comberan aj loe

  36. DLLAJ Sejati says:

    Bro,lu kalo nulis bolg dipikir ye?bukannya justru polantas yg nyari makan di ranah dllaj,inget bro,polantas itu acuan uu llaj,..

  37. 810 says:

    PENGGUNAAN SENJATA ITU ADA ATURAN NYA YNG DIATUR DALAM PERATURAN PEMERINTAH DAN JUGA DIATUR DALAM PERATURAN KAPOLRI , YANG BOLEH MEMEGANG SENJATA API DI INSTITUSI NEGARA SELAIN TNI POLRI DI PERBOLEHKAN DENGAN SYARAT KLIBER NYA TIDAK LEBIH BESAR DARI CALIBER SENJATA TNI POLRI DN HARUS MENDAPAT IJIN DARI POLRI, SERTA HARUS MELAKSANAKN PSIKOTES DAN ENJATA TERSEBUT HANYA BERPELURU HAMPA DAN GAS , SENJATA SENJATA TERSEBUT HARUS DI LAPORKAN KE SAT INTEKAM POLRI, DIRINTELKAM POLRI SECARA BERTAHAP,DAN PENGGUNAAN SENJATA TERSEBUT PEMEGANG SENJATA DI INSTANSI NON POLRI TNI HARUS TUNDUK KEPADA PERATURAN KAPOLRI, DAN TIDAK BLEH DI PAKE PETANTANG PETENTENG ATAU DI PAKE NODONG ATAU NEMBAK APABILA TIDA TERANCAM NYWA , APABILA MELANGGAR AKAN BERURUSAN DENGAN KORPS YANG PALING DITAKUTI PENJAHAT YAITU BARESKRIM, CONTOH NYA UDAH BERAPA BANYAK POLISI HUTAN YANG DI PROSES OLEH RESERSE AKIBAT PENYALAH GUNAAN SENJATA,POLHUT NYA DI PENJARA SENJATA NYA DISITA JADI BARANG BUKTI, KORBANYA MENUNTUT, SUDAH BERAPA BANYAK SATPOLPP YANG DI PROSES RESERSE, UDAH BERPA BANYAK PELAKU KEJAHATAN YANGBERSENJATA API DI BOLONGI SAMA SERSE, PETUGAS BEA CUKAI YANG DI PERIKSA AKIBAT PENYALAH GUNAAN SENPI DAN KORUPSI,DINAS KPLP YANG HILANG SENJATA DI PERIKSA RESERE JADI APABILA MASYARAKAT MENEMUKAN ANGGOTA DLAJ, SATPOLPP, DLL BERSENJATA DAN APABILA MEREKA AROGAN TANPA ALASAN MENODONG , MENGERTAK MENAKUTNAKUTI MSYARAKAT PHOTO, REKAM DAN LAPORKAN KE POLISI SAJA BIAR BUSER YANG TANGKAPS

  38. 456 says:

    senjata itu kalah sama pena seorang kepla dinas dllaj di suatu kabupaten akhir nya harus pecat dan juga di penjara akibat penyalah gunaan dana anggaran pembangunan terminal (walaupun gagah bersenjata api tapi pas masuk ruangan penyidik tindak pidana korupsi serse ,hampir saja yng di periksa terkena serangan jantung karna sangking ketakutan nya sama kesalahan nya

  39. huntz says:

    polisi poli-ponik sama lele-aje gw gamparin gk ngelawan..
    klo lg dijalan ampun gw mereka pada begaya… pake baret kyk bakwan..
    masuk spn untk diksar cuma 1 minggu kyk masuk neraka, dasar pah-poh..
    harus ada barang contoh …minta di lempar sangkur tu jidatnya….byar tau atau sadar…

  40. delta arief says:

    satpol keple musuh sak lawase

  41. islam sejati says:

    Tikus itu dishub

  42. 569 says:

    yang salah juga pemerintah…coba aturan jangan saling tumpang tindih…makanya kayak begini hasilnya…lama – lama penjaga parkir juga dilengkapi senjata kan mereka juga mengurusi ketertiban dijalan…kwkwkwkwkwkwkw….sekalian aja buat negara koboy kalau semua instansi mau pakai senjata….. bercanda aja broooo….yang jelas kembalikan kefungsinya semula tiap instansi kewenangannya apa..??? kan jelas ga perlu pakai senjata segala…??? dan perlu dipertanyakan kepada instansi apakah ada aturan mereka memakai senjata dalam berdinas…??? kalau tidak ada tangkap aja begitu aja ko repot….???

  43. Herry says:

    Ada juga nih orang pakaian seragam Dishub lengkap rompi n atributnya, ngutip parkir didepan Ramayana tanjung morawa medan dekat pintu keluar TOL.
    apa tugas dishub juga merangkap jadi tukang parkir..?

  44. gagah says:

    Ngapain ribut2 masalah pemerintahan. Mending loe pada ributin isi perut loe sendiri. Cari duit ja kagak becus dah nyalahin orang coba liat jepang nggk banyak ngomongin orang tapi lebih banyak bekerja n berkreatifitas n menghasilkan itu perlu d contoh

  45. o-on says:

    tenang tmn2…buka wawasan kita. polisi polisi menegakkan undang2 yang sama dgn DLLAJ, dan LLAJ gak ribut tu.. oya polisi jg sipil yg dipersenjatai, dan petugas yg diberi izin menggunakan senjata biasa telah lulus tes khusus dan lingkup tugas yg berat dan penuh resiko yg membutuhkan alat bela diri seperti senpi

  46. Celesta says:

    Good day! Would you mind if I share your blog with my
    facebook group? There’s a lot of folks that I think
    would really appreciate your content. Please let me know.

    Many thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s